GREBEG BAWANG KECAMATAN TRETEP

Administrator 21 November 2018 09:07:52 WIB

Seluruh kelompok tani di Kecamatan Tretep menggelar kirab gunungan yang memuat hasil bumi pada hari Minggu tanggal 22 april 2018. Acara yang baru digelar pertama kali di Kecamatan Tretep ini sebagai rasa syukur petani atas keberhasilan budidaya bawang putih.

Acara yang digelar selama dua hari ini dimulai pada hari Sabtu tanggal 21 April 2018 dengan rangkaian kegiatan di hari pertama yaitu Siraman Gaman Tani di Embung Pelangi desa Nglarangan, Ritual Obong Sengkolo di Pertigaan Ringin Desa Tretep, Panen bawang putih di Dusun Pringwulu Desa Campurejo serta Doa Bersama, Pentas Seni dan Penyalaan Oncor Sewu di Wagir Bawang Desa Simpar.

Kirab gunungan merupakan acara puncak Grebeg Bawang di Kecamatan Tretep. Setiap Desa di Kecamatan Tretep membawa gunungan yang berisi hasil bumi dari masing masing desa.

Dalam gunungan tidak hanya berisi bawang putih yang saai ini memasuki musim panen tetapi ada hasil pertanian lainya seperti cabe, wortel, labu siam, kentang, jagung, terong, singkong bahkan ada hasil perkebunan seperti jambu, kopi dan enau atau kolang kaling.

Gunungan diarak keliling Kecamatan melalui semua desa yang ada di Kecamatan Tretep dengan menggunakan kendaraan dengan finish di halaman kantor Kecamatan Tretep. Setelah diadakan upacara dan penilaian gunungan terbaik, kegiatan grebeg bawang ini diakhiri dengan rebutan isi gunungan oleh warga masyarakat yang menyaksikan acara tersebut.

Komentar atas GREBEG BAWANG KECAMATAN TRETEP

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Peta Lokasi Bojong

tampilkan dalam peta lebih besar